Subscribe:

Labels

Rabu, 23 Maret 2011

August Comte

I. Riwayat Hidup
Auguste Comte dilahirkan di Montpellier, Prancis tahun 1798, keluarganya beragama khatolik dan berdarah bangsawan. Dia mendapatkan pendidikan di Ecole Polytechnique di Prancis, namun tidak sempat menyelesaikan sekolahnya karena banyak ketidakpuasan didalam dirinya, dan sekaligus ia adalah mahasiswa yang keras kepala dan suka memberontak.
Comte akhirnya memulia karir profesinalnya dengan memberi les privat bidang matematika. Namun selain matematika ia juga tertarik memperhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan masyarakat terutama minat ini tumbuh dengan suburnya setelah ia berteman dengan Saint Simon yang mempekerjakan Comte sebagai sekretarisnya.
Kehidupan ekonominya pas-pasan, hampir dapat dipastikan hidupa dalam kemiskinan karena ia tidak pernah dibayar sebagaimana mestinya dalam memberikan les privat, dimana pada waktu itu biaya pendidikan di Prancis sangat mahal. Pada tahun 1842 ia menyelesaikan karya besarnya yang berjudul Course of Positive Philosophy dalam 6 jilid, dan juga karya besar yang cukup terkenal adalah System of Positive Politics yang merupakan persembahan Comte bagi pujaan hatinya Clothilde de Vaux, yang begitu banyak mempengaruhi pemikiran Comte di karya besar keduanya itu. Dan dari karyanya yang satu ini ia mengusulkan adanya agama humanitas, yang sangat menekankan pentingnya sisi kemanusiaan dalam mencapai suatu masyarakat positifis.
Comte hidup pada masa akhir revolusi Prancis termasuk didalamnya serangkaian pergolakan yang terus berkesinambungan sehingga Comte sangat menekankan arti pentingnya Keteraturan Sosial. Pada tahun 1857 ia mengakhiri hidupnya dalam kesengsaraan dan kemiskinan namun demikian namanya tetap kita kenang hingga sekarang karena kegemilangan pikiran serta gagasannya. Konteks Sosial dan Lingkungan Intelektual Untuk memahami pemikiran Auguste Comte, kita harus mengkaitkan dia dengan faktor lingkungan kebudayaan dan lingkungan intelektual Perancis. Comte hidup pada masa revolusi Perancis yang telah menimbulkan perubahan yang sangat besar pada semua aspek kehidupan masyarakat Perancis. Revolusi ini telah melahirkan dua sikap yang saling berlawanan yaitu sikap optimis akan masa depan yang lebih baik dengan bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan sebaliknya sikap konservatif atau skeptis terhadap perubahan yang menimbulkan anarki dan sikap individualis.
Lingkungan intelektual Perancis diwarnai oleh dua kelompok intelektual yaitu para peminat filsafat sejarah yang memberi bentuk pada gagasan tentang kemajuan dan para penulis yang lebih berminat kepada masalah-masalah penataan masyarakat. Para peminat filsafat sejarah menaruh perhatian besar pada pertanyaan-pertanyaan mengenai apakah sejarah memiliki tujuan, apakah dalam proses historis diungkapkan suatu rencana yang dapat diketahui berkat wahyu atau akal pikiran manusia, apakah sejarah memiliki makna atau hanyalah merupakan serangkaian kejadian yang kebetulan. Beberapa tokoh dapat disebut dari Fontenelle, Abbe de St Pierre, Bossuet, Voltaire, Turgot, dan Condorcet. Para peminat masalah-masalah penataan masyarakat menaruh perhatian pada masalah integrasi dan ketidaksamaan. Tokoh-tokohnya antara lain Montesquieu, Rousseau, De Bonald.
Dua tokoh filusuf sejarah yang mempengaruhi Comte adalah turgot dan Condorcet. Turgot merumuskan dua hukum yang berkaitan dengan kemajuan. Yang pertama berisi dalil bahwa setiap langkah berarti percepatan. Yang kedua adalah hukum tiga tahap perkembangan intelektual, pertama, orang pertama menemukan sebab-sebab adanya gejala-gejala dijelaskan dalam kegiatan mahluk-mahluk rohaniah, kedua, gejala-gejala dijelaskan dengan bantuan abstraksi dan pada tahap ketiga orang menggunakan matematika dan eksperimen.
Menurut Condorcet, Studi sejarah mempunyai dua tujua, pertama, adanya keyakinan bahwa sejarah dapat diramalkan asal saja hukum-hukumnya dapat diketahui (yang diperlukan adalah Newton-nya Sejarah). Tujuan kedau adalah untuk menggantikan harapan masa depan yang ditentukan oleh wahyu dengan harapan masa depan yang bersifat sekuler. Menurut Condorcet ada tiga tahap perkembangan manusia yaitu membongkar perbedaan antar negara, perkembangan persamaan negara, dan ketiga kemajuan manusia sesungguhnya.
Dan Condorcet juga mengemukakan bahwa belajar sejarah itu dapat melalui, pengalaman masa lalu, pengamatan pada kemajuan ilmu-ilmu pengetahuan peradaban manusia, da menganalisa kemajuan pemahaman manusia terhadap alamnya. Dan penulis yang meminati masalah penataan masyarakat, Comte dipengaruhi oleh de Bonald, dimana ia mempunyai pandangan skeptis dalam memandang dampak yang ditimbulkan revolusi Perancis. Baginya revolusi ini hanya menghasilkan keadaan masyarakat yang anarkis dan individualis.
II. PERSEPTIF POSITIVISME COMTE TENTANG MASYARAKAT
Comte percaya bahwa penemuan hukum-hukum alam itu akan membukakan batas-batas yang pasti yang melekat (inherent) dalam kenyataan social, dan melampaui batas-batas itu usaha pembaruan akan merusakkan dan menghasilkan yang sebaliknya. Skeptisisme Comte yang berhubungan dengan usaha-usaha pembaruan besar-besaran serta penghargaannya terhadap tonggak-tonggak keteraturan social tradisional menyebabkan dia dimasukkan ke dalam kategori orang konservatif.
Comte melihat masyarakat sebagai suatu keseluruhan organic yang kenyataannya lebih daripada sekedar jumlah bagian-bagian yang saling tergantung, tetapi untuk mengerti kenyataan ini, metode penelitian empiris harus digunakan dengan keyakinan bahwa masyarakat merupakan suatu bagian dari alam seperti halnya gejala fisik. Andreski berpendapat, pendirian Comte bahwa masyarakat merupakan bagian dari alam dan bahwa memperoleh pengetahuan tentang masyarakat menuntut penggunaan metode-metode penelitian empiris dari ilmu-ilmu alam lainnya, merupakan sumbangannya yang tak terhingga nilainya terhadap perkembangan sosiologi.
Comte melihat perkembangan ilmu tentang masyarakat yang bersifat alamiah ini sebagai puncak suatu process kemajuan intelektual yang logis melalui mana semua ilmu-ilmu lainnya sudah melewatinya. Kemajuan ini mencakup perkembangan mulai dari bentuk-bentuk pemikiran teologis purba, penjelasan metafisik, dan akhirnya sampai ke terbentuknya hukum-hukum ilmiah yang positif.
Kesatuan ilmu juga diperlihatkan menurut Comte semua ilmu itu memperlihatkan hukum perkembangan intelektual yang sama, seperti Nampak dalam perkembangan melalui tiga tahap pemikiran teologis, metalistik, dan positif. Sedangkan gagasan dasar bahwa manusia dan gejala social merupakan bagian dari alam dan dapat dianalisa dengan metode-metode ilmu alam, bukan dari Comte aslinya; sumbangan Comte metodologis yang menjadi dasar antara apa yang disebut ilmu-ilmu alam dan ilmu social.

1. Hukum Tiga Tahap
Hukum tiga tahap merupakan usaha Comte untuk menjelaskan kemajuan evolusioner umat manusia dari masa primitive sampai ke peradaban Prancis abad kesembilan belas yang sangat maju. Hukum ini, yang mungkin paling terkenal dari gagasan-gagasan teoritis pokok Comte, tidak lagi diterima sebagai suatu penjelasan mengenai perubahan sejarah secara memadai. Juga terlalu luas dan umum sehingga tidak dapat benar-benar tunduk pada pengujian empiris secara teliti, yang menurut Comte harus ada untuk membentuk hukum-hukum sosiologi.
Singkatnya, hukum itu menyatakan bahwa masyarakat-masyarakat (atau umat manusia) berkembang melalui tiga tahap utama. Tahap-tahap ini ditentukan menurut cara berpikir yang dominan: teolitis, metafisik, dan positif.
Tahap teolitis merupakan periode yang paling lama dalam sejarah manusia, dan untuk analisa yang lebih terperinci, Comte membaginya ke dalam periode fetisisme, politisme dan monoteisme. Fetisisme, bentuk pikiran yang dominan dalam masyarakat primitive, meliputi kepercayaan bahwa semua benda memiliki kelengkapan kekuatan hidupnya sendiri. Akhirnya fetisisme ini diganti dengan kepercayaan akan sejumlah hal-hal supernatural yang meskipun berbeda dari benda-benda alam, namun terus mengontrol semua gejala alam. Begitu pikiran manusia terus maju, kepercayaan akan banyak dewa itu diganti dengan kepercayaan akan satu yang tertinggi. Katolisisme di abad pertengahan memperlihatkan puncak tahap monoteisme.
Tahap metafisik terutama merupakan tahap transisi antara tahap teologis dan positif. Tahap ini ditandai oleh satu kepercayaan akan hukum-hukum alam yang asasi yang dapat ditemukan dengan akal budi. Protestantisme dan Deisme memperlihatkan penyesuaian yang berturut-turut dan semangat teologis ke munculnya semangat metafisik yang mantap. Satu manifestasi yang serupa dari semangat ini dinyatakan dalam Declaration of Independence: “Kita menganggap kebenaran ini jelas dari dirinya sendiri….” Gagasan bahwa ada kebenaran tertentu yang asasi mengenai hukum alam yang jelas dengan sendirinya menurut pikiran manusia, sangat mendasar dalam cara berpikir metafisik.
Tahap positif ditandai oleh kepercayaan akan data empiris sebagai sumber pengetahuan terakhir. Tetapi pengetahuan selalu sementara sifatnya, tidak mutlak; semangat positivism memperlihatkan suatu keterbukaan terus menerus terhadap data baru atas dasar mana pengetahuan dapat ditinjau kembali dan diperluas. Akal budi penting, seperti dalam periode metafisik, tetapi harus dipimpin oleh data empiris. Analisa rasional mengenai data empiris akhirnya akan memungkinkan manusia untuk memperoleh hukum-hukum, tetapi hukum-hukum dilihat sebagai uniformitas empiris lebih daripada kemutlakan metafisik.
2. Hubungan antara Tahap – Tahap Intelektual dan Organisasi Sosial
Dalam melengkapi penelusuran akan perkembangan intelektual manusia, Comte mau memperlihatkan sumbangan masing-masing tahap terhadap atau dalam hubungannya dengan kehidupan social. Kalau membaca bukunya Course of Positive Philosophy, orang tidak bisa lain kecuali mencatat pandangan Comte yang meskipun cara-cara berfikir prapositif lebih rendah daripada cara-cara berpikir positif modern, di zamannya itu tahap-tahap yang terdahulu ini memperlihatkan sumbangan yang bernilai terhadap keteraturan social dimana cara-cara berpikir itu dominan, dan dalam jangka panjang menyumbang perkembangan umat manusia yang terus menerus. Dalam penilaian ini, Comte sama dengan kelompok progresif yang nampaknya siap untuk menghapuskan sebagian besar sejarah pemikiran manusia sebagai suatu cerita dongeng bohong yang menyedihkan, atau takhayul demi takhayul yang pengaruh kumulatifnya menghalangi perkembangan manusia.
Selain sumbangan tahap-tahap sebelumnya terhadap evolusi social, masing-masing tahap juga memiliki hubungan afinitas yang khas dengan jenis organisasi social dimana cara berfikir itu dominan. Dengan kata lain, dalam setiap tahap itu, pola organisasi intelektualnya. Khususnya Comte merasa bahwa tahap teologis mendukung tipe organisasi social militer, sedangkan tahap positif yang terakhir mendukung tipe keteraturan social yang bersifat industrial. Tahap metafisik peralihan berhubungan dengna dominasi social dari “ahli hukum”, istilah Comte untuk menunjukkan mereka yang berusaha menarik doktrin-doktrin social dan politik dari pemahaman tentang hukum-hukum alam.
Munculnya suatu suatu masyarakat industry dirangsang oleh pertumbuhan filsafat dan ilmu pengetahuan positif, dan pada gilirannya merangsang pertumbuhan ilmu selanjutnya. Pengetahuan Ilmiah merupakan dasar kemajuan teknologi yang memungkinkan perkembangan industry. Selain itu, mentalitas positif dan mentalitas industrial bukan sesuatu yang bersifat dogmatis, melainkan suatu hal yang dapat diuji dan terus menerus mengusahakan kemajuan manusia. Pergantian dari dominasi militer ke dominasi industry tidak lain berarti bahwa masyarakat-masyarakat membelokkan perhatiannya, dari mengeksploitasi masyarakat lainnya ke mengeksploitasi alam. Sumbangan yang berarti secara social dari periode metafisik adalah dukungan ideologynya terhadap munculnya Negara bangsa.
Selama periode teologis, keluarga merupakan satuan social yang dominan (meskipun ada kelompok-kelompok yang lebih besar yang didirikan untuk kegiatan militer, atau sebagai hasil dari penguasaan militer). Dalam periode metafisik Negara bangsa menjadi suatu organisasi yang dominan. Comte optimis bahwa dengan munculnya tahap positif, nasionalisme akan digantikan dengan keteraturan social yang meliputi humanitas seluruhnya. Terkandung dalam diskusi mengenai arti social dari ketiga ini, adalah pengaruhnya terhadap perasaan manusia. Sehubungan dengan evolusi intelektual, ada suatu evolusi perasaan yang dibatasi oleh lingkaran yang makin lama makin luas dengan mana individu membentuk ikatan-ikatan emosionalnya. Pada tahap awal manusia dikenal terutama dengan keluarganya; kemudian ikatan emosional meluas ke Negara-bangsa; akhirnya manusia terasa terikat dengan humanitas keseluruhannya.
Comte mengakui bahwa perubahan dari satu tahap ke tahap berikutnya tidak pernah terjadi secara tiba-tiba, sehingga memperlihatkan sutau garis pemisah yang jelas dengan yang sebelumnya, serta memperlihatkan suatu awal tahap yang baru sama sekali. Sebaliknya, dalam semua periode sejarah, semua ketiga cara berpikir itu sekarang ini ada dalam suatu derajat tertentu. Perbedaan antara tahap-tahap adalah sekarang ini ada dalam suatu derajat tertentu. Perbedaan antara tahap-tahap adalah dalam dominasi dari suatu bentuk atas dua lainnya secara relative. Juga di masa-masa awal tahap teologis, dasar-dasar pemikiran metafisik dan positif sehari-hari, yang positivism primitive sebagiannya terlihat dalam pengetahuan praktis sehari-hari, yang diperoleh orang-orang primitive dalam menghadapi lingkungannya.
Cepatnya perubahan dari satu tahap intelektual ke yang berikutnya, berlainan dalam periode sejarah yang berbeda-beda. Beberapa periode ditandai dengan stabilitas yang agak tinggi, apabila consensus atas dasar kepercayaan dan pandangan-pandangan adalah relative tinggi, dan organisasi social, struktur politik, cita-cita moral, dan kondisi-kondisi materil memperlihatkan suatu tingkat saling ketergantungan harmonis yang tinggi. Sebaliknya periode-periode di mana perubahan yang pesat dari satu tahap (tahap kecil) ke tahap berikutnya sedang terjadi, ditandai oleh kekacauan intelektual dan social. Makin besar kekacauan dalam masa peralihan dan makin lama berlangsungnya, makin menunjukkan terjadinya pergeseran dari satu tahap evolusi ke tahap berikutnya.
Meskipun hukum kemajuan menjamin evolusi jangka panjang satu tahap ke tahap berikutnya, berbagai factor sekunder dapat mempercepat prose situ, sebagiannya dengan meningkatkan pengaruh yang bertambah dari kehidupan intelektual dan moral, yang perlu untuk mengontrol ancaman individualism yang semakin bertambah, dan sebagiannya dengan merangsang meningkatnya pembagian pekerjaan. Proses evolusi dapat dihambat oleh dominasi filsafat kolot yang berkepanjangan, yang merupakan akibat dari usaha-usaha kelompok konservatif untuk mengatasi kekacauan suatu periode transisi dengan mengemukakan kembali tipe yang cocok dengan periode sebelumnya.
3. Prinsip – prinsip Keteraturan Sosial
Analisa Comte mengenai keteraturan social dapat dibagi dalam dua fase. Pertama usaha untuk menjelaskan keteraturan social secara empiris dengan menggunakan metode positif. Kedua, usaha untuk meningkatkan keteraturan social sebagai suatu cita-cita yang normative dengan menggunakan metode-metode yang bukan tidak sesuai dengan positivisme, tetapi yang menyangkut perasaan dan juga intelek. Karena kebanyakan sejarah manusia berada dibawah dominasi cara berpikir teologis, tidak mengherankan kalau agama dilihat sebagai sumber utama solidaritas social dan consensus. Selain ini isi kepercayaan agama mendorong individu untuk berdisiplin dalam mencapai tujuan yang mengatasi kepentingan individu dan meningkatkan perkembangan ikatan emosional yang mempersatukan individu dalam keteraturan social. Ikatan emosional ini didukung oleh kepercayaan bersama dan oleh partisipasi bersama dalam kegiatan-kegiatan pemujaan. Secara tradisional agama sudah merupakan institusi pokok yang mementingkan altruism lebih daripada egoism. Pengaruh pada masa lampau dalam membentuk opini merangsang individu untuk bertindak spontan menurut cara-cara yang perlu untuk mempertahankan keteraturan social.
Sesungguhnya dalam pandangan Comte, individu sedemikian besarnya dipengaruhi dan dibentuk oleh lingkungan social, sehingga satuan masyarakat yang asasi adalah bukan individu-individu, melainkan keluarga-keluarga. Dalam keluargalah individu itu diperkenalkan kepada masyarakat. Karena tingkat keakraban dalam keluarga demikian tingginya, insting-insting dasar individu dibentuk oleh perasaan social yang dominan dalam keluarga itu. Keluarga dalam bentuk mikrokosmik memberikan pengalaman akan dominasi dan ketaatan, kerja sama, serta munculnya perasaan-perasaan altruistic. Hubungan antara orang tua dan anak-anak menghubungkan masa lampau dengan masa yang akan datang, sedangkan hubungan ketaatan antara pasangan suami-istri merupakan salah satu dari insting alamiah yang paling kuat kaitannya dengan konvensi social dan kode moral. Kecuali dalam situasi yang jarang muncul, tak seorangpun terlepas dari pengaruh yang besar dari sosialisasi keluarga. Karena alas an inilah Comte merasa yakin untuk melihat keluarga dan bukan individu sebagai satuan masyarakat yang asasi dan sebagai suatu dasar utama keteraturan social.
Keteraturan social juga bergantung pada pembagian pekerjaan dan kerja sama ekonomi. Individu menjalankan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan individunya. Tetapi, begitu pembagian pekerjaan muncul partisipasi individu dalam kegiatan ekonomi menghasilkan kerja sama, kesadaran akan saling ketergantungan dan muncul ikatan-ikatan social baru atas dasar itu. Pembagian pekerjaan meningkat bersama industrialisasi dan bertambahnya spesialisasi yang berhubungan dengan itu mendorong individualism. Sekaligus derajat saling kompleks, berbeda dengan masyarakat primitive yang berstruktur longgar dan berdiri sendiri, bersandar pada saling ketergantungan itu yang perkembangannya dibantu oleh pembagian pekerjaan yang sangat tinggi.
4. Agama Humanitas
Agama Humanitas Comte merupakan satu gagasan utopis untuk mereorganisasi masyarakat secara sempurna. Sosiologis akan menjadi ratu ilmu pengetahuan (seperti teologi di abad-abad pertengahan); hal itu memungkinkan satu penjelasan tentang kemajuan pengetahuan manusia secara komprehensif (termasuk semua ilmu lainnya) dan mengenai hukum-hukum keteraturan dan kemajuan social. Tambahan pula, hal itu mendorong suatu system moral yang merangkul semuanya, yang akan mempersatukan semua orang dalam penyembahan terhadap humanitas dan menjamin keteraturan social yang perlu untuk kemajuan selanjutnya.
Ahli-ahli sosiologi akan menjadi penjaga moral dan intelektual dalam tata baru itu, dan peranannya akan mencakup bimbingan bagi industriawan serta pemimpin-pemimpin pemerintahan untuk meyakinkan bahwa tindakan mereka dibimbing oleh pengetahuan ilmiah dan prinsip-prinsip moral. Singkatnya, para ahli sosiologi akan menjadi imam-imam spiritual dalam tata social yang baru itu; di bawah pimpinannya yang bijaksana itu, anggota masyarakat akan belajar bahwa kebahagiaan serta kesejahteraan mereka, dan kemajuan social yang mantap tergantung pada perkembangan perasaan altruistic serta pelaksanaan tugas dalam meningkatkan kemanusiaan.
Gagasan Comte mengenai satu masyarakat positivis dibawah bimbingan moral agama Humanitas makin lama makin terperinc. Misalnya dia menyusun satu kalender baru dengan hari-hari tertentu untuk menghormati ilmuwan-ilmuwan besar dan beberapa ritus dan doa yang disusun untuk menyalurkan hasrat-hasrat individu dan memasukkannya ke dalam the great being of humanity. Ada juga kultus terhadap sebagai imam agungnya berlutut di depan altarnya sendiri (sebuah kursi mewah sambil memegang seikat rambut kepala Clothilde de Vaux dan dia mengusulkan supaya kuburnya merupakan tempat ziarah.
Hal-hal yang terperinci ini memperlihatkan kepribadian Comte yang suka memaksa dan otoriter. Tetapi ingatlah bahwa dia melihat suasana social dan intelektual dimana hidupnya sebagai terancam anarki; dan seperti banyak kaum intelektual lainnya dengan perspektif organic, dia benci dan takut akan anarki. Juga seperti banyak kelompok konservatif lainnya, Comte mengagumi kesatuan dan sintesa serta keharmonisan social dan intelektual yang diketahuinya ada di dunia abad pertengahan. Meskipun pandangan konservatif dalam sejarah abad pertengahan adalah tidak murni karena mencerminkan kerinduan nostalgic akan masa lampau yang harmonis dan berarti, yang sebetulnya belum pernah ada, gambaran ini merupakan dasar perbandingan dengan kekacauan masa sekarang.

III. TEORI KEMAJUAN MILIK COMTE VERSUS TEORI SIKLUS PERUBAHAN BUDAYA MENURUT SOROKIN
Orang dapat berargumentasi bahwa pelbagai gagasan reorganisasi social yang dibuat Comte pada bagian kedua dari karirnya, mencerminkan hilangnya kepercayaan akan tidak terhindarnya kemajuan evolusi yang dijamin oleh hukum-hukum ilmiah dari dinamika social. Nampaknya dia beralih ke pandangan bahwa proses evolusi harus dibantu terus oleh usaha manusia. Walaupun begitu, kepercayaan Comte bahwa perkembangan positivism akan mengakibatkan kemajuan yang terus menerus adalah pasti. Teorinya mengandung implikasi bahwa sejarah bergerak ke tujuan akhir, dan bahwa tahap-tahap sejarah sebelumnya penting, terutama karena sumbangannya terhadap tujuan akhir ini. Tahap terakhir akan merupakan satu masyarakat dimana bimbingan intelektual dan moral yang diberikan oleh imam-imam sosiologi akan memungkinkan pemimpin-pemimpin politik untuk menentukan kebijaksanaan yang menjamin bahwa orang akan hidup bersama secara harmonis dan dimana industriawan yang berperikemanusian akan menyediakan alat-alat bagi menusia untuk memenuhi kebutuhan meteriilnya secara mencukupi. Bersama dengan pemikir-pemikir. Pencerahan abad kedelapan belas, Comte mengambil model kemajuan linier (garis bujur) ini yang menuju kesatu tujuan akhir.
Kalau Comte mengusulkan suatu model linier yang berkulminasi pada munculnya masyarakat positivis, Sorokin mengembangkan model siklus perubahan social artinya, dia yakin bahwa tahap-tahap sejarah cenderung berulang dalam kaitannya dengan mentalitas budaya yang dominan, tanpa membayangkan satu tahap akhir yang final. Tetapi siklus-siklus ini tidak sekedar pelipat gandaan saja sebaliknya ada banyak variasi dalam bentuk-bentuknya yang khusus dimana tema-tema budaya yang luas dinyatakan.
1. Pandangan Sorokin Mengenai Intregasi Sosial dan Budaya
Satu alaasan yang memungkinkan martindale melihat Sorokin sebagai seorang organisis, dapat dilihat pada tekanan Sorokin pada pemahaman system sosio-budaya secara keseluruhan. Prespektif organis menekannkan kenyataan masyarakat yang independen dan tradisi-tradisi budayanya sebagai suatu system yang intregritas. Analisa Sorokin mengenai dinamika system-sistem sosio budaya yang terintregitas secara luas dalam empat karangan utamanya, Social and Culture Dynamic, sejalan dengan pendekatan ini. Alasan penting lainnya untuk melihat Sorokin sebagai seorang ahli teori organis tanpa asumsi-asumsi positivis adalah penolakan Sorokin untuk membatasi konsepsinya mengenai kebenaran pada data empiris, sebaliknya dia menunjukkan suatu kerelaan untuk menerima suatu konsep mengenai kebenaran dan pengetahuan yang bersifat multidimensi, dengan data empiris memberikan sebagian pengetahuan. Sejalan dengan penekanan Sorokin pada arti-arti subyektif, hal itu memisahkan dia dari kelompok-kelompok positivis yang menekankan pada empiris sebagai satu-satunya sumber pengetahuan yang sahih.
Sorokin sendiri menilai tidak tepat klasifikasi Martindale yang memasukkan pendekatannya kedalam suatu prespektif organis. Bukan mengasumsikan integrasi menyeluruh yang ditekankan Sorokin. Dia menekankan pentingnya mengetahui tingkat integrasi yang berbeda, dan mengkhususkan tingkat dimana aspek-aspek yang berbeda dalam kenyataan sosio-budaya itu dapat dikatakan terintegrasikan.
Juga berbeda sekali dengan penekanan kelompok organis pada pola-pola pertumbuhan dan kemunduran yang tidak berubah yang dilalui system-sistem budaya. Sorokin menekankan tingkat variabilitas yang tinggi yang diperlihatkannya. Tema-tema budaya dasar mungkin terulang, tetapi  pengulangan itu menunjukkan pola-pola yang berubah. Setiap tahap sejarah masyarakat memperlihatkan beberapa unsur yang kembali berulang (artinya, pengulangan tahap yang terdahulu) dan ada beberapa daripadanya yang unik. Sorokin mengacu pada pola-pola perubahan budaya jangka panjang yang bersifat “berulang-berubah” (Varyingly Recurrent ).
Penekanan Sorokin pada berulangnya tema-tema dasar dimaksudkan untuk menolak gagasan bahwa perubahan sejarah dapat dilihat sebagai suatu proses linear yang meliputi gerak dalam satu arah saja dalam hal ini Sorokin berbeda dari Comte yang percaya akan kemajuan yang mantap dalam perkembangan intelektual manusia.
Pendekatan Sorokin yang bersifat “integralis” itu memungkinkan dia untuk mengkritik dengan keras gagasan bahwa semua pengetahuan kita akhirnya berasal dari data empiris. Sebaliknya dia mengemukakan bahwa data empiris hanya memperlihatkan satu tipe kebenaran. Yakni kebenaran indrawi. Juga ada kebenaran akal budi dan yang ketiga adalah kebenaran kepercayaan atau intuisi,yang melampaui data indrawi dan rasionalitas.
2. Tipe – tipe mentalitas Budaya
Kunci untuk memahami suatu supersistem budaya yang terintegrasi adalah mentalitas budayanya. Ada tiga jawaban logis yang mungkin terhadap pertanyaan filosofis dasar itu. Pertama adalah bahwa kenyataan akhir itu seluruhnya terdiri dari dunia meteriil yang kita alami dengan indra. Yang lainnya adalah bahwa kenyataan akhir itu terdiri dari suatu dunia atau tingkat keberadaan yang melampaui dunia materiil ini, artinya kenyataan akhir itu bersifat transenden dan tidak dapat ditangkap sepenuhnya dengan indra kita. Jawaban ketiga yang mungkin adalah antara kedua ekstrim dan keadan itu,yang secara sederhana berarti bahwa kenyataan itu mencakup dunia materiil dan dunia transenden.
Atas dasar itu, Sorokin menyebutkan 3 mentalitas budaya dan beberapa tipe – tipe kecil yang merupakan dasar untuk ke 3 supersistem sosio – budaya yang berbeda – beda.
1.  Kebudayaan Ideasional.
Tipe ini mempunyai dasar berpikir ( premis ) bahwa kenyataan ahkir itu bersifat nonmateriil, transeden, dan tidak dapat ditangkap oleh indera. Dunia ini dilihat sebagai suatu illusi, sementara, dan tergantung pada dunia transeden, atau sebagai aspek kenyataan yang tidak sempurna dan tidak lengkap. Kenyataan ahkir merupakan dunia Allah atau nirwana, atau suatu konsepsi lainnya mengenai ada yang kekal dan tidak materil. Tingkat ini dipecah menjadi beberapa bagian:
a.                            Kebudayaan Ideasional Asketik. Mentalitas ini memperlihatkan suatu ikatan tanggung jawab untuk mengurangi sebanyak mungkin kebutuhan materil manusia supaya mudah diserap ke dunia transeden.
b.                           Kebudayaan Ideasional Aktif. Selain untuk mengurangi kebutuhan inderawi, tipe ini berusaha mengubah dunia materil supaya selaras dengan dunia transeden.
2. Kebudayaan Inderawi ( Sentase Culture )
Tipe ini didasarkan pada pemikiran pokok bahwa dunia materil yang kita alami dengan dunia kita merupakan satu – satunya yang ada. Eksistensi kenyataan adi – inderawi atau transendan disangkal. Mentalitas ini dapat dibagi sebagai berikut : 
a.                          Kebudayaan Inderawi Aktif. Kebudayaan ini mendorong usaha aktif dan giat untuk meningkatkan sebanyak mungkin pemenuhan kebutuhan materil dengan mengubah dunia fisik ini sedemikian, sehingga menghasilkan sumber – sumber keputusan dan kesenangan manusia. Mentalitas ini mendasari pertumbuhan teknologi dan kemajuan – kemajuan ilmiah serta kedokteran.
b.                          Kebudayaan Indrawi Pasif. Mentalitas inderawi pasif meliputi hastrat untuk mengalami kesenangan – kesenangan hidup inderawi setinggi – tingginya. Sorokin menggambarkan pendekatan ini sebagai suatu “ eksploitasi parasit “ dengan motto “ makan, minum, dan kawinlah karena besok kita mati “. Mengejar kenikmatan tidak dipengaruhi oleh suatu tujuan jangka panjang apa pun.
c.                          Kebudayaan Inderawi Sinis. Dalam hal tujuan – tujuan utama, mentalitas ini serupa dengan kebudayaan inderawi pasif, kecuali bahwa mengejar tujuan – tujuan inderawi / jasmaniah dibenarkan oleh rasionalisasi ideasional. Dengan kata lain, mentalitas ini memperlihatkan secara mendasar usaha yang bersifat munafik untuk membenarkan pencapaian tujuan materialistis atau inderawi dengan menunjukkan sistem nilai transenden yang pada dasarnya tidak diterimanya.
3. Kebudayaan Campuran
Kategori ini mengandung penegasan terhadap dasar berpikir ( empiris ) mentalitas ideasional dan inderawi. Ada 2 tipe dasar yang terdapat dalam mentalitas kebudayaan campuran ini:
a.                             Kebudayaan Idealistis. Kebudayaan ini terdiri dari suatu campuran organis dari mentalitas ideasional dan inderawi sedimikian, sehingga keduanya dapat dilihat sebagai pengertian – pengartian yang sahih mengenai aspek – aspek tertentu dari kenyataan ahkir. Dengan kata lain, dasar berpikir kedua mentalitas itu secara sistematis dan logis sangat berhubungan.
b.                            Kebudayaan Ideasional Tiruan. Tipe ini khususnya didominasi oleh pendekatan inderawi, tetapi unsur – unsur ideasional hidup secara berdampingan dengan yang inderawi, sebagai suatu perspektif yang saling berlawanan ini tidak terintegrasi secara sistematis, kecuali sekedar hidup berdampingan sejajar satu sama lain.
Analisa Sorokin mengenai pelbagai mentalitas budaya dapat dibandingkan dan dikontraskan dengan gambaran comte mengenai tiga tahap dalam evolusi perkembangan intelektual manusia. Seperti sudah kita lihat di depan, kedua teori ini sangat bercorak “ mentalitas ” artinya keduanya melihat gagasan – gagasan dasar yang terkandung dalam pandangan – pandangan dunia yang dominan atau gaya berpikir sebagai kunci untuk memahami kenyataan sosio – budaya. Tetapi kalau Comte mengemukakan bahwa sejarah manusia memperlihatkan kemajuan uni linier, yang didasarkan pada perkembangan ilmu, yang bergerak maju tak terbatas kemasa depan, Sorokin mempertahankan bahwa ketiga tipe mentalitas budaya yang asasi itu dapat berulang dalam satu bentuk siklus. Daripada meramalkan perkembangan ilmu yang terus menerus didasarkan pada suatu pandangan dunia materialistis, Sorokin secara profetis meramalkan suatu ahkir dari periode inderawi dan pada ahkirnya kelahiran kembali suatu tahap baru mentalitas ideasional.

Salah satu ahli yang mengkritik Comte adalah Sorokin.
            Dia berpendapat, Kalau Comte mengusulkan suatu model linier yang berkulminasi pada munculnya masyarakat positivis, Sorokin mengembangkan model siklus perubahan social artinya, dia yakin bahwa tahap-tahap sejarah cenderung berulang dalam kaitannya dengan mentalitas budaya yang dominan, tanpa membayangkan satu tahap akhir yang final. Tetapi siklus-siklus ini tidak sekedar pelipat gandaan saja sebaliknya ada banyak variasi dalam bentuk-bentuknya yang khusus dimana tema-tema budaya yang luas dinyatakan.

0 komentar:

Posting Komentar