KARYA TULIS
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Guna Mengembangkan Kemampuan Bidang Akademis Dalam Menyelesaikan Program Akhir Kegiatan Kelas IX.
Oleh :
Mahesi.P IX/23
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
NEGERI 2 SURAKARTA
PERSETUJUAN
Karya tulis ini telah diterima dan disetujui oleh pembimbing untuk memenuhi tugas guna mengembangkan kemampuan bidang akademis dalam menyelesaiakn program akhir kegiatan kelas IX SMP Negeri 2 Surakarta tahun 2009/2010, yakni:
Disetujui pada tanggal :
PEMBIMBING I PEMBIMBING II
Sumiyati,A.Md.Pd Indro Purnomo,S.Pd.I
II
PENGESAHAN
Karya tulis ini telah diterima dan disahkan oleh Kepala Sekolah untuk memenuhi Tugas Guna Mengembangkan kemampuan Bidang Akademis dalam menyelesaikan program akhir kegiatan kelas IX SMP negeri 2 Surakarta Tahun 2009/2010.
Disahkan pada tanggal :
Kepala Sekolah SMP Negeri Surakarta
Drs.Rahmat Sutasman,M.Pd
iii
MOTTO
· Hidup adalah perjuangan yang harus ditempuh.
· Jangan sesali kegagalan, berjanjilah untuk tidak mengulanginya.
· Belajarlah dari masa lalu demi masa depan yang lebih baik.
iv
PERSEMBAHAN
Karya tulis ini dipersembahkan kepada:
· Orang tua serta saudara yang telah mendukung penulis dalam pembuatan karya tulis ini.
· Bapak / ibu guru pembimbing yang senantiasa membimbing penulis.
· Teman-teman di bus yang menemani penulis dalam perjalanan dan berwisata di Pulau Bali.
V
KATA PENGANTAR
Penulis panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan penyusunan karya tulis dengan judul “GARUDA WISNU KENCANA CULTUPAL PARK” ini dengan baik.
Karya tulis ini merupakan salah satu syarat kelulusan bagi siswa siswi SMP Negeri Surakarta. Disamping itu dengan diadakannya Study tour ke pulau dewata Bali, siswa dapat mengetahui dan mempelajari kebudayaan indonesia, khususnya di Pulau Dewata.
Tak lupa penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, antar lain:
1. Bapak Drs. Rahmat Sutasman selaku kepala sekolah SMP negeri Surakarta.
2. Ibu Sumiyati dan Bapak Indro selaku guru pebimbing.
3. Ibu Sumiyati selaku guru wali kelas IXD
4. Orang tua penulis.
5. Teman-Teman XI D dan seluruh siswa-siiswi SMP Negeri Surakarta atas kebersamaannya selama ini.
vi
Penulis menyadari bahwa penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna, karena berbagai kendala yang penulis alami terutama pada pengumpulan data dan singkatnya waktu. Oleh karena itu dengan kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan karya tulis ini.
Akhir kata penulis berharap semoga karya tulis ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya dalam menambah wacana ilmu pengetahuan.
Surakarta, Desember
Penulis
vii
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL................................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN......................................................................... ........ ii
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................... iii
HALAMAN MOTTO................................................................................................. iv
HALAMAN PERSEMBAHAN................................................................................ v
KATA PENGANTAR............................................................................................. .. vi
DAFTAR ISI............................................................................................................. .. viii
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar belakang permasalahan..................................................... .
B. Alasan Pemilihan Judul....................................................................
C. Tujuan Penulis.....................................................................................
D. Metode yang digunakan..................................................................
E. Sistematika Penulisan......................................................................
BAB II. LAPORAN HASIL PENELITIAN
A. Pendahuluan .........................................................................................
B. Identifikasi GWK .................................................................................
C. Penutup...................................................................................................
BAB III. KENDALA DAN HAMBATAN
A. Kendala....................................................................................................
B. Hambatan ..............................................................................................
BAB IV. PENUTUP
A.Kesimpulan .............................................................................................
B.Saran ..........................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG PERMASALAHAN
Karya tulis ini ditulis dan disusun sebagai salah satu syarat kelulusan siswa SMPN Surakarta. Karya tulis ini juga merupakan tindak lanjut dari study tour yang dilakukan siswa kelas IX SMP Negeri Surakarta ke Pulau Bali.
B. ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis memilih judul Garuda Wisnu Kencana Cultural Park dikarenakan penulis menganggap judul tersebut palinh tepat dari sekian banyak judul.
C. TUJUAN PENULISAN
Penulisan karya tulis ini adalah berdasarkan kunjunagn dan penelitian yang dilakukan penulis di lokasi wisata GWK.
Dalam pembuatan dan penyusunan kaerya tulis ini, penulis mempunyai beberapa tujuan, yaitu:
· Untuk melatih diri dalam mengembangkan menulis karya tulis ilmiah.
· Dengan karya tulis ini, para pembaca dapat menambah wawasan serta pengetahuan yang luas sehingga dapat mengambil manfaat kelak di kemudian hari.
· Untuk dapat melatih diri dalam berkarya.
· Untuk melengkapi salah satu syarat mengikuti UAN.
1
D. METODE PENULISAN
Dalam pembuaatan karya tulis ini, penilis mempunyai beberapa metode yang diharapkan dapat menambah bahan atau data dan metodo-metode tersebut antara lain :
· Observasi
Yaitu denagn mengadakan pengamatan secara langsung pada objek wisata yang penulis kunjungi.
· Dokumentasi
Penulis memperoleh daat-data adn bahan-bahan yang melengkapi karya tulis ini.
2
E. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan ini dikelompokan menjadi beberapa bab adn terbagi atas beberapa kajian:
HALAMAN JUDUL................................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN......................................................................... ........ ii
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................... iii
HALAMAN MOTTO................................................................................................. iv
HALAMAN PERSEMBAHAN................................................................................ v
KATA PENGANTAR............................................................................................. .. vi
DAFTAR ISI............................................................................................................. .. viii
BAB I. PENDAHULUAN
F. Latar belakang permasalahan..................................................... .
G. Alasan Pemilihan Judul....................................................................
H. Tujuan Penulis.....................................................................................
I. Metode yang digunakan..................................................................
J. Sistematika Penulisan......................................................................
BAB II. LAPORAN HASIL PENELITIAN
D. Pendahuluan .........................................................................................
E. Identifikasi GWK .................................................................................
F. Penutup...................................................................................................
BAB III. KENDALA DAN HAMBATAN
C. Kendala....................................................................................................
D. Hambatan ..............................................................................................
BAB IV. PENUTUP
A.Kesimpulan ...............................................................................
B.Saran ........................................................................................
3
BAB II
LAPORAN HASIL PENELITIAN
A. PENDAHULUAN
GWK adalah salah satu objek wisata yang terdapat di pulau Bali.GWK terdiri dari petung dewa wisnu dan burung garuda. Patung ini di bangun oleh arsitek terkenal dari Bali yaitu I nyoman nuarta.Dibangun dilahan seluas hektare, lahan yang terletak di land art ini juga di kelilingi pemandangan alam yang indah seperti pesisir selatan Bali.
B. IDENTIFIKASI GWK
WISNU-Simbol hindu yang melambangkan kekuatan utama pemelihara alam semesta ayng mendominasi kawasan ini. Diwujudkan sebagai petung berukuran raksasa terbuat dari kuningan dan tembaga dengan ketinggian mencapai meter, menjadikan figur ini sebagai perwujuadn modern sebuah kebudayaan dan tradisi kuno. Wujud yang menyertainya adakah GARUDA-seekor burung besar yang menjadi kendaraan dewa wisnu sebagai lambang kebebasan sekaligus pengabdian tanpa pamrih.
GAPURA BATU-Beberapa pilar batu cadas alami setinggi meter yang berdiri kokoh akan ditatah dengan berbagai ornament yang diambil dari kisah dramatis Ramayana yang menjadi sumber inspirasi seni pertunjukan Bali. Pahatan ukiran latar belakang relief bercirok seni pahat pewayangan < kayon atau gunungan> yang sangat khas Bali dan Jawa. GWK di bangun di daerah bali selatan tepatnya ungasan,bangunan ini terdiri dari lantai dan setinggi meter.
Kawasan yang persen alokasi pemanfaatannya untuk menampung aktifitas publik ini di bangun dengan memakai konsep dasar jaban, madya dan utama, sementara persennya akan di bangun beberapa sarana antara lain contemporari dan museum ert gallery yang merupakan tempat memamerkan hasil karya seni dan budaya lokal, Bali Informetion House yang berfungsi sebagai pusat informasi tentang provinsi Bali, pusat industri kerajinan dan tradisional festival market sebagai areal perdagangan tradisional dan ajang promosi secara keseluruhan, kawasan ini berfungsi sebagai international trade promotion center.
Proses pembangunan patung GWK sendiri memakan waktu yang panjang. Pada tahun telah di lakukan peletakan batu pertama dan pada bulan Desember torso dewa wisnu terpasang. Menjelang akhir , kepala garuda yang di desain seniamn di kota bandung akhirnya menyusul di pasang di dekat torso patung dewa wisnu.
GWK cultural park memiliki jarak tempuh menit dari bandara I Gusti Ngurah Rai dan kurang dari jam dari lokasi perhotelan.GWK Cultural Park adalah tempat yang cocok untuk menikmati bervagai pertunjukan kesenian, pameran dan konferensi ataupun kunjungan santai bahkan spiritual.
C. PENUTUP
Demikian uraian yang penulis tentang objek wisata GWK Cultural Park yang ada di Bali. Semoag yraian yang telah penulis sampaikan dapat di pahami dan di mengerti oleh pembaca, dan pembaca dapat mengetahui secara mendalam tentang GWK Cultural Park.
BAB III
KENDALA DAN HAMBATAN
I. Kendala
Program OSIS SMP Negeri 2 Surakarta ke pulau Bali tidak dapat di iukti oleh semua siswa karena kondisi setiap siswa berbeda. Sebagian siswa tidak mendapat izin dari orang tua karena beralasan jauhnya tempat yang di kunjungi dan mengkhawatirkan keselamatan anaknya selama jauh dari orang tua. Selain itu, kemampuan ekonomi orang tua setiap siswa barbeda antara satu dengan yang lainnya.
II. Hambatan
Dalam pembuatan karya tulis ini, penulis mengalami hambatan-hambatan. Adapun hambatannya adalah sebagai berikut:
1. Dalam penyusunan karya tulis ini tidak mudah, karena membuat inisiatif sendiri yang mangambil dari metode contoh penulisan yang digunakan.
2. Kurangnya data dan informasi tentang objek wisata GWK.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan data-data dan keteranagn mengenai hasil pengumpulan data pada objek wisata pulau Bali, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Pulau bali memiliki tempat-tempatpariwisata yang indah dan menarik, shingga banyak pengunjungnya.
2. Pulau bali tidak hanya dikunjungi wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan manca negara.
3. Pendapatan pulauBali semakin bertambah karena bertambah banyaknya wisatawan yang berkunjung ke objek wisata.
4. Pada umumnya masyarakat Bali menganut agama hindu bali dan mereka memegang kuat agamanya, hal ini dapat di lihat dari rumah yang ada purenya.
5. Menjadikan salah satu objekwisata di Bali sebagai tempat pariwisata terkenal di dunia.
B. Saran
Setelah mengunjungi dan mengamati pulau bali, penulis mempunyai saran-saran sebagai berikut:
1. Hendaknya pemda bali memperhatiakn kesejahteraan masyarakat Bali yang perekonomiannya termasuk kelas menenagh ke bawah.
2. Jumlah mobil angkuta wisata yang menuju pantai kuta sebaiknya diperbanyak agar tidak terjadi antrian panjang.
3. Hendaknya sopir angkuta di objek wisata pantai kuta tidak memaksa kehendak dan lebih mementungkan keselamatan penumpang.
4. Kebersihan di objeek wisata harap di perhatikan.
5. Hendaknya wisatawan menjaga kebersihan dan keindahan pulau bali.
6. Meningkatkan keamanan di tempat wisata.
0 komentar:
Posting Komentar